Selasa, 18 Oktober 2011

PENGERTIAN IFRIT BESERTA KISAHNYA

Ifrit adalah termasuk golongan jin. Nama ifrit dijelaskan di dalam alqur`an yaitu dalam kisah Nabi Sulaiman as. Pada suatu hari, burung hud-hud lapor kepada Nabiyullah Sulaiman, bahwa di negeri saba` ada seorang ratu yang bernama Bulkis.

Ratu dan rakyat saba` itu telah tergoda oleh bujukan syetan. Mereka tidak menyembah allah, tetapi menyembah matahari.

Mendengar laporan dari burung hud-hud itu, Nabiyullah Sulaiman lalu mengirim surat kepada ratu bulqis dan segenap rakyatnya agar beriman kepada Allah dan meninggalkan menyembah matahari. Ratu bulqis setelah membaca surat itu, masih tetap tidak mau beriman kepada Allah. Lalu ratu bulqis mengumpulkan para pembesar kerajaan. Mereka bermusyawarah untuk menentukan tindakan apa yang harus diambil. Akhirnya disepakati untuk mengirimkan hadiah kepada Nabiyullah Sulaiman. Mereka menyangka bahwa Nabiyullah Sulaiman menginginkan harta. Dugaan mana akhirnya ditolak oleh Nabiyullah sulaiman, setelah  para utusan ratu bulqis menyampaikan maksud dan tujuannya. Akhirnya utusan ratu bulqis itu membawa kembali hadiah-hadiah tersebut kepada ratu bulqis.

Ketika ratu bulqis mengetahui bahwa hadiah-hadiah itu ditolak oleh Nabisulaiman, ratu bulqis itu bermaksud datang sendiri untuk menemui Nabiyullah Sulaiman lalu beliau membuat suatu rencana untuk menundukan ratu bulqis, agar mau beriman kepada Allak Swt.

Nabi Sulaiman bertanya kepada pembesar-pembesarnya, siapa diantara mereka yang sanggup memindahkan istana bulqis dalam waktu dekat. Ketika itulah Ifrit menjawab bahwa ia sanggup memindahkan istana tersebut dalam waktu yang relatif singkat. Sebagaimana dijelaskan dalam al-quran. Artinya :

“berkata Ifrit ( yang cerdik ) dari golongan jin : aku sanggup datang kepadamu dengan membawa istana itu, sebelum kamu berdiri dari tempat duduk”. ( an-naml:39).

Mendengar jawaban ifrit itu, nabiyullah Sulaiman bersabda : saya ingin yang lebih cepat dari itu. Kemudian seorang yang memiliki ilmu (waliyullah ) berkata : aku akan membawa singgasana / istana itu kepadamu sebelum matamu berkedip. Apa yang dikatakan oleh orang itu menjadi kenyataan. Yaitu istana ratu bulqis telah berpindah dalam sekejap mata. Ketika ratu bulqis sudah sampai, dia terkejut melihat istana yang mirip dengan miliknya. Setelah diceritakan bahwa istan itu sebetulnya miliknya, seketika itu ratu bulqis beriman kepada Allah Swt, dan mengakui bahwa Nabiyullah sulaiman sebagai utusan Allah Swt.   

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Members (12) follow balik sobat

laits ahwazi mengatakan...

Izin share teman

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates