Selasa, 18 Oktober 2011

PENGERTIAN SYETAN BERDASARKAN FIRMAN ALLAH SWT

Syetan adalah sebutan untuk mahluk yang memiliki sifat jahat. Syetan itu tergolong bangsa jin. Dan ada pula yang dari jenis manusia. Syetan yag dari golongan jin termasuk gaib. Sedangkan dari yang golongan/jenis manusia termasuk mahluk jasmani. Firman allah swt artinya :

“ dan demikianlah kami ( allah ) jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, yaitu syetan-syetan dari jenis manusia, dan syetan-syetan dari jenis jin.” ( Al an`aam ).

Golongan jin yang ingkar kepada allah disebut syetan. Mereka memusuhi Nabi-nabi saw. Dan menipu manusia agar tidak mengikuti jejak para nabi saw. Demikian juga syetan pihak manusia. Disamping mereka ada juga orang yang ingkar kepada allah, juga membujuk manusia lain untuk berbuat kejahatan/mungkar dan meninggalkan perintah-perintah allah swt.

Sedangkan syetan yang berasal dari jenis jin termasuk mahluk gaib. Mereka tidak dapat dilihat, didengar atau dirasa. Bujukan syetan dari jenis jin itu ditujukan langsung kepda hati manusia. Manusia yang terkena bujukan syetan dari jenis ini tidak merasa bahwa ia tergoda. Tanpa disadari, tiba-tiba di dalam hatinya timbul keinginan untuk berbuat jahat, seperti mencuri, berbuat jahat dll. Syetan dari jenis ini juga dapat meniupkan keraguan-keraguan ke dalam hati manusia.

Oleh karena itu, syetan dari jenis manusia maupun jenis jin keduanya amat berbahaya. Kita harus selalu waspada agar tidak terkena bujukan-bujukannya. Selain itu syetan bermaksud untuk menjerumuskan manusia sehingga manusia menjadi penghuni neraka syair. Firman allah swt artinya :

“ dia (syetan) hanya menyeru pengikut-pengikutnya supaya sama-sama menjadinya penghuni neraka sya`ir “

Orang yang kuat imannya tentu akan selalu tunduk terhadap ajaran-ajaran agama. sedangkan orang yang lemah imannya mudah tergoda oleh bujukan syetan.    

1 komentar:

ena mengatakan...

Ok thank.....myfriend

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates