Selasa, 18 Oktober 2011

PENGERTIAN IBLIS MENURUT ISLAM

Iblis itu bapak dari segala jin. Iblis termasuk jenis mahluk gaib. Iblis memiliki sifat sombong. Ketika allah memerintahkan para malaikat agar bersujud kepada Nabi Adam as, semua malaikat menaatinya. Mereka semuanya bersujud kedapa Nabi Adam. Bahkan ia menyombongkan diri. Kemudian perintah allh agar bersujud kepada Nabi Adam as, karena ia di ciptakan dari api, sedangkan Adam di ciptakan dari tanah. Oleh karena itu menjadi mahluk terkutuk di sisi allah swt.

Firman Allah Swt :
“ dan ingatlah, ketika kami berkata kepada malaikat, bersujudlah kepada Adam. Maka        malaikatpun bersujud, selain dari pada iblis. Iblis itu enggan dan membesarkan diri. Dan iblis termasuk golongan-golongan orang-orang kafir”. ( Albaqarah : 34 )

Selanjutnya iblis memohon kepada Allah swt agar di perpanjang umurnya sampai hari kiamat. Allh swt mengabulkan permohonannya. Maksud iblis memohon agar umurnya di panjangkan adalah agar ia dapat menggoda dan menyesatkan manusia. Iblis pernah bersumpah demikian :

Firman Allah swt :
“ Iblis berkata lagi : ya tuhanku, karena engkau telah memutuskan yang aku ini mahluk sesat, maka aku akan merangsang keinginan cucu adam di muka bumi ini untuk berbuat ma`siyat, dan akan kubawa sesat mereka semuanya.”

Dengan demikian diatas ,maka jelaslah, bahwa iblis punya program akan menyesatkan seluruh keturunan adam kecuali mereka yang mukhlish.

Orang yang mukhlis memang sudah diakui oleh iblis, sebagai orang yang berada di luar batas kemampuan untuk di perdaya. Oleh karena itu jika kita ingin selamat dari tipu daya iblis, kitapun harus menjadi orang yang mukhlis.

Sedangkan orang-orang yang mengakui dan tergoda oleh iblis tergolong orang yang rugi, dan akan dimasukan ke dalam api neraka jahanan.  

2 komentar:

Agriculture Product mengatakan...

buku tamunya mana gan.??

ena mengatakan...

sebelah atas gan....

Poskan Komentar